Monday 24 November 2014

Gejala dan Tanda dari Infeksi Jenis Virus Hepatitis

Gejala dan tanda dari Infeksi Jenis Virus Hepatitis

Seperti yang kita ketahui penyakit hepatitis adalah salah satu jenis penyakit peradangan hati dimana penyebabbya ada dua macam yaitu karena infeksi virus dan non virus. Untuk penyebab non virus bisa terjadi karena obat-obatan dan minuman seperti alkohol sehingga menyebabkan peradangan hati.

Namun, bagi hepatitis yang disebabkan karena infeksi virus terdapat 5 jenis hepatitis yagn menyebabkannya. Silahkan baca >> Jenis Virus Penyebab dari Hepatitis.

Dari kelima jenis virus hepatitis ini, memiliki khas atau gejalanya masing-masing yang berbeda ada juga yang hampir sama dari tiap jenisnya. Simak yuk lebih lengkapnya..

Pernahkah Anda berfikir Seberapa Bahayakah Hepatitis ?

Gejala dan Tanda dari Infeksi Jenis Virus Hepatitis
Hepatitis atau peradangan hati yang disebabkan oleh berbagai faktor. Seperti yang disebutkan sebelumnya diantaranya gangguan  virus, gangguan metabolisme tubuh, mengkonsumsi alkohol, akibat penyakit autoimun ( sistem imun yang menyerang balik), hasil komplikasi dari penyakit lain dan juga akibat obat-obatan. Dari semua faktor itu, infeksi virus menduduki peringkat pertama dari penyebab hepatitis.

Pemeriksaan laboratorium diperlukan guna memastikan diagnosis hepatitis karena penderita hepatitis sering tidak memiliki gejala khas. Ada dua jenis pemeriksaan untuk hepatitis:

Pemeriksaan Hepatitis Akut
  • Enzim GOT, GPT
  • Penanda Hepatitis A ( Anti Hav IgM)
  • Penderita Hepatitis B ( HGsAg, Anti HBC lgM)
  • Penanda Hepatitis C ( Anti, HCV RNA)
  • Penanda Hepatitis E (Anti HEV lgM)

Pemeriksan Untuk Hepatitis Kronis
  • Enzim GOT, GPT
  • Penanda Hepatitis B (HBsAg, Anti HBc, Anti HBe, HBV DNA)
  • Penanda Hepatitis C ( Anti HCV, HCV RNA)

Gejala dan tanda dari Infeksi Jenis Virus Hepatitis

Jenis Virus Hepatitis A
Jenis ini terbilang ringan karena tidak menimbulkan banyak kematian. Jenis virus yang penyebarannya melalui kotoran penderita ini penularannya lewat  makanan yang terkontaminasi, bukan lewat aktivitas seksual atau darah. Penyakit ini memiliki msa inkubasi 2-6 minggu sejak penularan terjadi, barulah akan muncul gejala bagi penderita.

Gejala Bagi penderita Hepatitis A : 
Diminggu pertama, seseorang yang terjangkit virus akanmengalami sakit seperti kuning, keletihan, demam, hilang selera makan, muntah-muntah, pusing dan kencing berwana hitam pekat. Demam ini terjadi dalam waktu yang terus menerus tidak seperti demam yanglainnya seperti DBD, TBC Thypus dan lainnya.

Penanganannya untuk penderita yang menunjukan gejala hepatitis A diharapkan tidak banyak melakukan aktivitas serta segera mengunjungi Rumah Sakit terdekat untuk mendapatkan pengobatan yang intensif.

Jenis Virus Hepatitis B
Nah, jenis virus inilah yang terkena berbahaya dan menular. Penyakit ini disebabkan oleh VHB yang menyerang hati dan menyebabkan peradangan akut atau menahun. Seperti hepatitis C, jenis penyakit ini bisa menjadi krnis dan pada akhirnya menjadi kanker hati.

Gejala Hepatitis B
Secara khusus gejala atau tanda dari terinfeksinya hepatitis B yang akut adalah demam, sakit diperut dan kuning ( utamnya pada area mata yang putih/sklera). Namun, untuk penderita hepatitis B kronik akan cenderung tidak nampak tanda-tanda itu, sehingga penularannya kepada orang lain lebih beresiko.

Untuk penanganannya, penderita yang diduga terjangkit hepatitis B harus segera dilakukan pemeriksaan darah.  Untuk cara pengobatannya bisa dengan telan ( oral) dan secara injeksi.

Sebagai langkah pencegahan dari infeksi ini adalah pemberian vaksin pada orang-orang yang beresiko tinggi terkena virus ini seperti mereka yang berprilaku seks kurang baik ( gonta ganti pasangan), pekerja kesehatan dan mereka yang berada di daerah yang rentan terjadinya hepatitis B.

Jenis Virus Hepatitis C
Jenis virus ini disebabkan oleh HVC. Penularannya melalui kontak darah seperti transfusi, jarum suntik yang terkontaminasi, serangga yang menggigit penderita danmenggigit oranglain disekitarnya. Pada penderita hepatitis C biasanya tidak menimbulkan gejala khas, namun untuk penderita hepatitis C krnois bisa menyebabkan kerusakan sel-sel hati dan terdeteksi sebagai kanker hati.

Gejala dari Infeksi Virus Hepatitis C
Penderita biasanya tidak menimbulkan gejala walaupun infeksi sudah terjadi bertahun-tahun lamanya. Tapi, beberapa gejala samar diantaranya rasa lelah, hilang selera makan, sakit perut, urinmenjadi gelap dan kulit atau mata menguning yang disebut 'jaundice'. Di berbagai kasus ditemukan pula adanya peningkatan enzim hati pada pemeriksaan urine, tapi pad apenderita hepatitis C justru terkadang enzim hati mengalami fluktuasi bahkan normal.

Jenis Virus Hepatitis D
Sebelumnya sudah tahukan bahaya dari infeksi virus hepatitis B? nah, jenis vrus hepatitis D lebih berbahaya lagi walau jarang terjadi karena jenis virus ini unik diakibatkan tidak lengkap dan untuk melakukan replikasi dia membutuhkan keberadaan virus hepatitis B. Sehingga bisa juga disebut rekan dari Hepatitis B. Gejalanya bervariasi bisa muncul sebagai gejala yang ringan ( ko-infeksi) atau amat progresif.

Jenis Virus hepatitis E
Gejala dari jenis virus ini terbilang mirip dengan jenis virus hepatitis A. Seperti demam pegel linu, lelah, hilang nafsu makan dan sakit perut. Penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya ( Self-limited), kecuali jika terjadi pada kehamilan, khususnya trimester ketiga jenis virus ini bisa mematikan. Penularanya melalui air yang terkontaminasi fases. Sumber : helmigs.com/healtharticles_content_hepatitis_id.php

Adakah Solusi Herbal Untuk Mengatasi Semua Jenis VIrus Hepatitis ?

Tentu, kami rekomendasikankepada anda produk Jelly Gamat Goldg yang dibuat dari hewan laut teripang yang kaya akan protein dan anti virus yang efektif mengatsai semua jenis hepatitis. Untuk informasi selengkapnya mengenai bagaimana produk Jelly Gamat Bisa menyembuhkan semua jenis virus hepatitis? Silahkan klik disini >> Cara Tradisional Mengobati Hepatitis 

Demikian informasi Gejala dan Tnda dari Infeksi Jenis Virus Hepatitis yang kami kutif dari sumber yang tercantum diatas. Semoga dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga. Amin

0 comments:

Post a Comment

Biar Saling Bantu..Budayakan Berkomentar Setelah Membaca yaa... Terima Kasih...^_^

 
Nasphie - Post Blogger Template by Ipietoon Blogger Template